Sunday, December 30, 2012

10 Angkatan Udara Terkuat Di Dunia

Pada Abad pertengahan kekuatan suatu negara berdasarkan kekuatan angkatan lautnya. Namun di zaman sekarang itu tak berlaku lagi. Tak dapat dipungkiri, sekarang angkatan udaralah yang menjadi tolok ukurnya. Berikut 10 angkatan udara terkuat di dunia saat ini...

1. United States Air Force (Amerika Serikat)


Sudah bisa ditebak negara mana yang memiliki angkatan udara terkuat di dunia, Amerika Serikat. Dibentuk pada 1947, USAF memiliki paling banyak pesawat tempur di dunia yang hampir sama dengan jumlah seluruh pesawat tempur di dunia kalau digabungkan.

2. Russian Air Force (Russia):
Dengan doktrin yang kuat dan pertahanan yang mekanis, RAF dapat mengatasi segalam rintangan di segala medan, serta sampai saat ini karakteristik RAF belum banyak yang mengetahui. Apalagi dengan kemampuan Russia membuat sendiri pesawat tempurnya, kekuatan teknologinya juga sulit dideteksi lawan-lawan Russia.

3. Israeli Air Force (Israel):
Mungkin untuk melatih angkatan udaranya yang merupakan salah satu yang terkuat dan berbahaya di dunia, maka Israel hobi sekali berkonflik dengan negara lain, terutama dengan negara tetangganya, Palestina. IAF didukung oleh peralatan canggih dan pilot-pilot handal yang kehebatannya sudah terbukti dalam sejarah.

4. Royal Air Force (Inggris):
RAF memiliki sejarah panjang sebagai pemimpin dan decision maker dalam sejarah peperangan, baik di Inggris maupun di konflik-konflik antar negara. RAF dibentuk pada masa PD I di tahun 1918 yang menjadikannya angkatan udara tertua di dunia.

5. People’s Liberation Army Air Force (China):
PPLAF adalah angkatan udara terbesar di Asia dengan 330 ribu personil dan lebih dari 2500 pesawat tempur dan diketahui memiliki beberapa pesawat tempur dengan persenjataan modern dan paling mematikan di dunia.

6. Armée de l’Air (Perancis):
Angkatan udara Perancis memiliki pesawat-pesawat tempur multi posisi generasi baru, saat berada di udara atau dalam pertempuran, angkatan udara Perancis dikenal ngotot dalam menguasai udara, memiliki strategi pertahanan yang kuat dan kelengkapan teknologi yang canggih. Jet tempur Mirage, salah satu jet tempur paling dikagumi dalam sejarah penerbangan militer, diproduksi oleh angkatan udara ini. Berdiri pada 1909, angkatan udara Perancis dianggap sebagai angaktan udara profesional pertama yang ada di dunia.
7. Indian Air Force (India):
Siapa sangka angkatan udara salah satu negara berkembang di Asia ternyata memiliki kekuatan sebanding dengan angkatan udara negara maju dan kaya. India bisa memiliki AU tempur yang kebat karena tidak pernah berhenti melakukan modernisasi, baik pada pesawat maupun teknologinya sejak dibentuk pada 1932. Ini yang harusnya dicontoh oleh pemerintah Indonesia. IAF adalah angkatan udara ke empat terbesar di dunia dengan 170 ribu personil dan 1500 pesawat tempur.

8. Luftwaffe (Jerman):
One of the most striking air force with the trail of top-notch pilots, Luftwaffe was established in 1935, after violating the Treaty of Versailles. During the World War II, this air force overshadowed the skies of Europe and defeated its foreign counterparts with much more advancements. Most of the pilots of Luftwaffe are trained either in United States or in Canada. The tactical training centers of this air force are located at Holloman Air Force Base in New Mexico and Canadian Forces Air Command base at Goose Bay
Selama PD II, Luftwaffe berhasil menguasai langit Eropa dan mengalahkan lawan-lawannya yang memiliki pesawat dan persenjataan lebih lengkap. Dan sampai sekarang Luftwaffe diakui sebagai angkatan udara paling berbahaya dengan pilot-pilot paling top kemampuannya di dunia. Sebagian pilot-pilot ini dilatih di masrkas AU S Holloman di New Mexico dan di Canadian Forces Air Command, Goose Bay, Kanada.

9. Royal Australian Air Force (Australia):
Didirikan pada 1921, jumlah personil dan pesawat RAAF masih kalah banyak dari angkatan udara elit lain tapi kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. RAAF diakui kepiawaiannya di banyak mendan tempur sejak awal abad 20. Para pilot pesawat tempur dan teknologi canggih yang menjadikan angkatan udara negara kangguru ini diakui dunia internasional. RAAF juga diakui karena kecepatannya menerapkan efek udara kinetik dan non-kinetik.

10. Japan Air Self-Defense Force (Jepang):
Japan Air Self-Defense Force (JASDF) dibentuk pada tahun 1954 dari gabungan angkatan udara kerajaan Jepang dan angkatan udara AL kerajaan Jepang. Kehebatan JASDF terletak pada sistem radar ultramodern  dan patroli tempur udaranya, juga karena kehebatan skuadron penyerangnya.








http://www.siliconindia.com/news/general/10-Strongest-Air-Forces-of-the-World-nid-126685-cid-1.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment