Thursday, January 10, 2013

Negara - Negara Dengan Tingkat Perkosaan Tertinggi Di Dunia

Data terakhir menunjukkan pemerkosaan di negara ketiga meningkat tajam tanpa ada penanganan serius dari pihak berwajib. Kasus ini juga diiringi dengan kasus lain seperti narkotika, perang antar geng, penculikan, dan perang saudara.

Ini negara dengan tingkat pemerkosaan tertinggi sejagat...

1. Israel

Jumlah kasus pemerkosaan per kapita pada 2009 di Israel merupakan yang tertinggi di dunia. Padahal, Israel berada di posisi ke-enam setahun sebelumnya.

Data terbaru di Institusi Eropa untuk Pencegahan dan Kontrol Kriminal pada 2011 menyatakan jumlah kasus pemerkosaan per kapita di Israel mencapai 0,166 per 1.000 orang pada 2009. Jumlah kasus pemerkosaan per kapita itu tidak berubah dari 2008. Namun, posisi Israel melonjak signifikan pada 2009.

2. Jerman













Jerman berada di posisi kedua dengan kasus pemerkosaan 0,089 per 1.000 orang. Pada 2008, Jerman berada di posisi ke-13 dengan angka pemerkosaan mencapai 0.093 per 1.000 orang.

3. Kenya










Sementara itu, jumlah pemerkosaan perkapita di Kenya menempati posisi ketiga. Kenya memiliki kasus pemerkosaan 0.091 per 1.000 orang. Padahal, pada 2008, Kenya berada di posisi 41 dari 50 negara dengan kasus pemerkosaan mencapai 0,023 per 1.000 orang

4. Kongo











Sebuah studi baru mendapati kekerasan seksual terhadap perempuan di Republik Demokratik Kongo jauh lebih parah dibandingkan dugaan semula. Menurut sebuah laporan dari Jurnal Kesehatan Publik Amerika yang dilansir VoANews.com, lebih dari 1.100 perempuan diperkosa setiap hari di negara Afrika tengah itu.

Studi tersebut mendapati bahwa lebih dari 400 ribu perempuan dan anak perempuan diperkosa di Kongo selama periode 12 bulan, pada tahun 2006 dan 2007. Jumlah ini 26 kali lebih tinggi dibandingkan apa yang dikutip oleh PBB sebelumnya.

Para pejabat PBB telah menyebut Kongo sebagai "ibukota perkosaan di dunia" dan mengatakan atmosfir kebal hukum memungkinkan tentara, pejuang pemberontak dan warga sipil memperkosa perempuan dan anak-anak tanpa takut akan ditangkap.

5. Afrika Selatan














Setiap tahun ada sekitar 200 ribu pempuan korban perkosaan.  Pada banyak kasus perkosaan, si pelaku/pemerkosa melakukan hal tersebut sebagai upaya pembalasan dendam; karena ia mengidap HIV-AIDS, maka memperkosa untuk menyebarkan HIV-AIDS. Akibatnya, di Afrika Selatan, merupakan negara dengan laju pertumbuhan HIV-AIDS yang cukup tinggi, data bahwa dari 2009-2010-2011, ada ada sekitar 10 juta orang penderita HIV-AIDS

6. Somalia.  













Salah satu negara miskin di Afrika, yang sarat dengan korupsi, perang saudara, kelaparan, pemberontakan, perkelahian antar suku meminta ribuan jiwa. Setiap hari terjadi perkosaan, terutama dilakukan oleh para milisi perang suku (yang kadang digabungkan dengan sentimen agama serta sara).
Jika menelusuri news dari web-web pegiat HAM dan religius dari/dan di Afrika, maka tak sedikit laporan yang menunjukan bahwa Somalia merupakan area dan arena empuk  penculkan dan perkosaan terhadap perempuan, dan seringkali diikuti dengan pembunuhan dan bunuh diri.

7. Sudan












Selain menjadi negara yang paling tidak aman di Afrika (yang sekelas dengan Afghanistan, Syria, Somalia, dan Nigeria), Sudan merupakan wilayah yang para perempuan mudah menjadi korban perkosaan. Sebagian besar pelakunya adalah para pembrontak bersenjata, ekstimis, radikalis yang melawan pemerintah.Para pemberontak terhadap negara tersebut, melakukan berbagai serangan gerilya untuk mengusai Sudan Utara, (Sudan Selatan telah menjadi negara sendiri atau merdeka), dengan cara serangan militer, kekerasan, pembunuhan, perkosaan massal.

8. India













Menurut Hindustan Time, setiap 14 jam, terjadi satu tindak kekerasan seksual terhadap perempun di India, termasuk perkosaan yang berujung pada pembunuhan. Bahkan, aparat kepolisian sudah tak mau mengurusi laporan tentang kasus perkosaan.
Uniknya, menurut berbagai sumber, perkosaan di India bukan terjadi karena kejahatan (terencana), namun juga sengaja atau terencana akibat masalah-masalah budaya; misalnya dendam karena menolak ketika dilamar, tak (keluarga) perempuan tak mampu membayar mahar, dan lain sebagainya.  Atau, menurut Opendoors.org, ada juga kasus perkosaan, karena tak mau pindah agama, kemiskinan, dan tindak kekerasan sosial.

9. Kolombia












Termasuk negara di Dunia yang tinggi tingkat perkosaan terhadap perempuan; para pelaku biasanya mereka yang terlibat atau sebagi bagian dari gang narkotika.  Akibatnya, untuk menjaga diir, maka 9 dari 10 perempuan dewasa di Kolumbia mempunya senjata (tajam, api, alat bela diri), dengan tujuan melawan para penjahat seksual tersebut.


ref:
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/01/10/mgeag7-israel-rangking-satu-dunia-soal-pemerkosaan-wanita
http://m.tribunnews.com/2011/05/13/lebih-dari-1.100-perkosaan-terjadi-di-kongo-setiap-hari
http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/01/10/negara-negara-dengan-tingkat-perkosaan-tertinggi-523173.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment