Tuesday, February 28, 2012

A Separation : Film Iran yang memenangi Piala Oscar 2012


A Separation : Iran Movie That Win Oscar 2012




A Separation karya sutradara Iran memenangi Piala Oscar 2012 untuk film berbahasa asing terbaik

A Separation bercerita tentang pasangan yang berada di ambang perceraian. Cerita berpusat pada seorang suami yang melindungi ayahnya yang menderita Alzheimer. Ia berada dalam konflik dengan istrinya, yang ingin bermigrasi. Putri mereka menjadi korban 'perang' orang tuanya.

Di dalam film ini digambarkan apa yang sebenarnya terjadi di Iran: kaum mudanya yang bobrok, kehidupan sosial yang koyak, dan banyak persoalan lain.

Asghar Farhadi sendiri mengatakan tak menduga filmnya dinominasikan untuk Oscar. Apalagi sampai menang seperti sekarang. "Pemerintah Iran jelas tak sepakat sama sekali dalam hal ini," katanya.

Bagaimanapun, kemenangan The Separation disambut gembira seniman Iran dan masyarakat peminat perfilman Iran. Tahmineh Milani, sutradara Unwanted Woman (pernah dinominasikan tahun 2005), menyebut Oscar untuk film Iran adalah sumber "kebanggaan nasional." "Penghargaan ini menghidupkan kembali harapan di hati semua rakyat Iran, terlepas dari profesi mereka," katanya.

Nima Behdadi Mehr, kolumnis film pada harian pro-reformasi Mardomsalari, percaya penghargaan itu akan membantu sinema Iran untuk keluar dari isolasi.

Ia berharap Presiden Mahmoud Ahmadinejad akan memberikan Farhadi sebuah "hadiah khusus" yang secara positif mempublikasikan prestasi Iran.

Namun tanggapan kontras muncul dari Televisi pemerintah Iran menggambarkan kemenangan film itu sebagai "kemenangan bagi Israel". Tema yang diangkat dalam film itu, katanya, "terlalu menyerang Iran".

Kapan kita menyusul?


Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/02/27/111386722/Filmnya-Menangi-Oscar-Media-Iran-Mencibir

No comments:

Post a Comment