Monday, April 2, 2012

Jepang Vs China

Japan VS China

Pascaperang, Jepang memiliki keajaiban ekonomi, yang membawa negara sakura ini ke posisi kedua setelah AS, selama lebih dari 40 tahun.
Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8,OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta suat armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalamIndeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

Tokyo

Cheap Flights to Tokyo, Japan

The Great Seto Bridge - Jepang

Namun, stagnasi setelah pecah gelembung aset pada 1990an, tampaknya membantu China menbuka peluang.. Terjadinya perkembangan pesat pada ekonomi di sektor konsumen dan ekspor, terciptanya kelas menengah (khususnya di kota pesisir di mana sebagian besar perkembangan industri dipusatkan) yang kini merupakan 15% dari populasi, standar hidup yang kian tinggi (diperlihatkan melalui peningkatan pesat pada GDP per kapita, belanja konsumen, perkiraan umur, persentase baca-tulis, dan jumlah produksi beras) dan hak dan kebebasan pribadi yang lebih luas untuk masyarakat biasa.


Beijing

Jiaozhou Bay - China


IMF menilai, Jepang lebih kaya 10 kali berdasarkan basis per-kapita. Namun, lompatan China mencerminkan pergeseran dalam kekuatan ekonomi sebagai negara yang bertransformasi dari negara komunis yang erat dengan kemiskinan, menjadi negara taraf global kelas berat.

Dengan meningkatnya industri berkekuatan besar dari Cina, Jepang seharusnya bersiaga. Pasalnya, raksasa Asia ini telah berada pada jalurnya untuk bertarung dengan Jepang memperebutkan posisi pertama di asia...

Siapakah Yang Terhebat?

Mari kita belajar darinya...

No comments:

Post a Comment