Monday, June 11, 2012

Fase - Fase Emas Organ Tubuh Kita


Di dalam tubuh manusia, ada usia-usia terbaik di mana organ siap untuk bekerja secara optimal. Kapan untuk tumbuh, merangsang otak, harus melahirkan, semua organ memiliki masanya masing-masing.

Berikut beberapa usia-usia terbaik untuk dapat membuat organ tubuh bekerja secara optimal:



1. 1000 hari pertama kehidupan
Kunci untuk kehidupan masa depan si anak adalah di awal-awal hidupnya yakni 1000 hari pertama sejak di dalam kandungan (9 bulan) hingga ia berumur 2 tahun.


Pada periode ini, secara permanen dapat mempengaruhi kesehatan dan peluang si anak di masa depan, serta menentukan apakah di masa depan si anak akan terkena diabetes, kelebihan berat badan hingga serangan jantung. Pada masa-masa ini orangtua harus memberikan nutrisi terbaik namun jangan sampai berlebihan.


2. Golden age, usia terbaik merangsang otak dan pertumbuhan
Golden age atau usia emas pertumbuhan anak adalah 0-5 tahun. Pada masa-masa emas ini, anak mengalami pertumbuhan sel otak, tulang dan otot serta pematangan hormon-hormon yang prosesnya tidak akan bisa diulangi lagi di usia-usia berikutnya.


Pada usia emas, seorang anak akan menyerap segala sesuatunya dengan sangat cepat dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu pembelajaran dan rangsangan pada otak dan tubuh sangat penting dilakukan di masa-masa ini.


3. Usia terbaik wanita menikah dan hamil
Usia optimal untuk kesuburan wanita dimulai pada umur 18 tahun. Pada sekitar usia 25 tahun, wanita akan berada di usia paling subur dan kemungkinan besar untuk hamil. Namun usia terbaik wanita untuk menikah dan hamil adalah 20 hingga 35 tahun, di saat sistem reproduksi benar-benar bekerja secara optimal.


Menikah di bawah usia 20 tahun dapat berbahaya bagi tubuh dan psikis, karena organ reproduksi belum siap untuk berhubungan seks dan hamil. Sedangkan hamil di atas usia 35 tahun bisa berisiko tinggi menyebabkan kematian ibu.

4. Usia terbaik menikmati seks

Kepuasan seksual memang baru bisa dirasakan pada waktu-waktu tertentu. Survei terbaru mengungkapkan bahwa secara spesifik, wanita merasakan seks terbaik dalam hidupnya ketika berusia 28 tahun, namun sebaliknya pria tidak merasakan hal yang sama hingga berusia 33 tahun.








5. Usia terbaik menopause
Menopause alami biasanya terjadi antara usia 45 hingga 55 tahun, yang secara resmi terjadi ketika tidak mengalami menstruasi selama 12 tahun berturut-turut. Namun tidak sedikit wanita yang mengalami menopause dini akibat anoreksi, bulimia, kurang gizi, obesitas, pil diet, olahraga berlebihan dan stres kronis.

Menopause dini dapat meningkatkan risiko wanita mengalami gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke, osteoporosis, kanker ovarium dan usus besar, penyakit gusi (periodonyal), kehilangan gigi dan katarak.


ref:
http://health.detik.com/read/2012/06/11/155932/1938204/763/6/usia-usia-terbaik-di-tubuh-manusia991104topnews

No comments:

Post a Comment