Wednesday, May 23, 2012

SpaceX : Pesawat Antariksa Pertama Pengangkut Jenazah Manusia

Pesawat SpaceX Falcon 9 akhirnya terbuka untuk peluncuran komersial. Roket SpaceX Falcon 9 berhasil meluncur dari Cape Canaveral, Amerika Serikat.



Momen bersejarah penerbangan pesawat swasta pertama ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) ini diluncurkan pada 8.44BST, membawa kapsul bermuatan 1.000lbs.
Di antara muatan itu, ada abu jasad bintang TV dan film fiksi ilmiah Star Trek, James Montgomery Doohan. Misi ini mengabulkan keinginan terakhir pemeran kepala teknisi pesawat antariksa Starship Enterprise ini untuk  beristirahat panjang di luar angkasa.

Abu pemeran Scotty ini ditebar di luar angkasa bersama 307 orang lainnya. Doohan telah meninggal pada 2005 dalam usia 85 tahun. Keluarga berkumpul saat peluncuran untuk berpisah dengan abu jenazah Doohan. Kapsul Dragon mengangkat muatan 1.000 pon ke ISS setelah melewati serangkaian tes manuver selama tiga hari. Jika misi ini berhasil, perusahaan di balik SpaceX akan mengumpulkan sisa pembayaran pada kontrak senilai US$396 juta dari NASA. Mereka akan memasuki kesepakatan US$1,6 miliar untuk 11 penerbangan lagi ke ISS.

Langkah pertama dalam komersialisasi luar angkasa ke perusahaan non-pemerintah ini diharapkan dapat mengantar 7 penumpang ke ISS. SpaceX juga dibuat untuk mengantar ke tujuan orbit rendah bumi.
Pengusaha PayPal yang mendirikan perusahaan eksplorasi luar angkasa, Elon Musk ini sempat dibuat pusing ketika roket Falcon 9 mengalami kegagalan peluncuran instan. Setelah gagal pekan lalu, SpaceX harus menunggu jadwal Selasa pukul 03.44 dini hari untuk mengantre pendaratan ke ISS.


ref:
http://teknologi.vivanews.com/news/read/316133-pesawat-antariksa-ini-membawa-jenazah

No comments:

Post a Comment