Wednesday, March 7, 2012

Benarkah Jenazah Osama bin Laden di buang ke Laut?

Osama's Body Has Been Throw In To The Sea, Hasn't It?

Pertanyaan seputar ke mana jenazah Usamah bin Ladin dibawa setelah penyerangan pasukan khusus Amerika Serikat kembali mencuat. Terlebih setelah e-mail dari sebuah perusahaan analisis intelijen yang bocor menyatakan jasad pemimpin Al Qaidah itu itu sebenarnya dikirim ke Negara Abang Sam untuk dikremasi.

Menurut e-mail itu, Bin Ladin tewas ditembak dalam serangan tim Navy SEAL Amerika di sebuah kompleks di Abbottabad, Pakistan, 2 Mei 2011. Dari sana, jenazahnya diangkut kembali ke Amerika dan dikremasi. E-mail itu diduga diperoleh oleh kelompok peretas Anonymous dari Stratfor, sebuah organisasi yang berurusan dengan analisis intelijen dan analisis geopolitik. Mereka juga dikenal sebagai "bayangan" agen intelijen Amerika (CIA).

Pekan lalu, Anonymous mengumumkan mereka telah mendapatkan akses ke 2,7 juta korespondensi rahasia. Beberapa di antaranya berkaitan dengan sejumlah kejahatan.

Setelah Bin Ladin tewas dalam serangan itu, pemerintahan Barack Obama mengatakan jasad Bin Ladin dimakamkan di laut lepas oleh kapal USS Carl Vinson sesuai dengan tradisi Islam. Namun, pada bagian lain dari e-mail yang diberikan kepada WikiLeaks, wakil presiden Stratfor untuk intelijen, Fred Burton, meragukan versi resmi Gedung Putih itu. "Jenazah itu dibawa ke Dover, [Delaware] dengan pesawat CIA ke Armed Forces Institute of Pathology di Bethesda [Maryland]."

Ia meyakini hal itu karena Armed Forces Institute of Pathology menutup pintu pada 15 September 2011, empat bulan setelah kematian bin Ladin.




http://www.tempo.co/read/news/2012/03/07/115388500/Stratfor-Yakin-Jasad-Bin-Ladin-Tak-Dibuang-ke-Laut

No comments:

Post a Comment