Tuesday, March 13, 2012

Bukti Ilmiah : Ayah Depresi Berpengaruh pada Perilaku Anak

Like Father, Like Son




Sebagian besar penelitian sebelumnya difokuskan pada ibu depresi dan dampak negatifnya bagi anak. Tapi ternyata tidak demikian. Penelitian terbaru menunjukkan anak-anak dengan ayah depresi lebih mungkin memiliki masalah emosional atau perilaku.

Para peneliti dari NYU School of Medicine melakukan studi yang melibatkan lebih dari 7.200 rumah tangga di Amerika Serikat.

Sekitar 25 persen dari anak-anak yang ibu dan ayahnya menunjukkan tanda-tanda depresi memiliki masalah emosional atau perilaku. Sekitar 15 persen anak-anak yang ayahnya memiliki gejala depresi dan 20 persen anak-anak yang ibunya gejala depresi juga memiliki masalah yang sama.

Sebagai pembanding, hanya sekitar 6 persen anak-anak yang orang tuanya tidak memiliki gejala depresi memiliki masalah emosional atau perilaku.

Sekitar 6 persen ayah dalam penelitian ini menunjukkan gejala depresi. Faktor yang terkait dengan depresi pada ayah adalah hidup dalam kemiskinan; memiliki anak berkebutuhan khusus anak; serta hidup dengan istri atau pasangan yang depresi dan memiliki kesehatan fisik yang buruk. Prediktor terkuat depresi pada ayah adalah pengangguran - ayah pengangguran 6,5 kali lebih mungkin mengalami depresi.

Temuan ini menjelaskan kebutuhan mendesak untuk mengenali peran ayah dalam kehidupan anak-anak dan keluarga.

Ayah memainkan peran sangat penting dalam kehidupan anak-anak dan keluarga. Peran ini kerap terlupakan dalam upaya untuk membantu anak-anak. Karenanya, perlu ditemukan solusi segera bagi para ayah yang terindikasi mengalami depresi.




http://www.tempo.co/read/news/2012/03/03/174387845/Ayah-Depresi-Berpengaruh-pada-Perilaku-Anak

No comments:

Post a Comment