Sunday, March 25, 2012

Rafael, Bayi Setahun Berliur Kristal

Rafael, bayi berusia satu tahun anak pasangan Hariadi dan Leni Marlinda. Keduanya warga Desa Jeru, Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, menjadi fenomena menarik bagi rumah sakit di Malang, Jawa Timur. Pasalnya, anak ini mengeluarkan air liur yang bisa mengkristal.



Kristal dari air liur ini berukuran beragam. Saat keluar dari mulut, air liur mengeras hingga berbentuk mirip kaca bening beragam ukuran. Ada yang sebesar kelereng, ada pula yang lebih kecil. Keunikan ini menarik bagi tim medis.

Tim dokter Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang pun memeriksa Rafael sejak Kamis, 22 Maret 2012 lalu. Pemeriksaan tak lain untuk mengetahui penyebab liur Rafael mengkristal. Dokter Haryudi Aji Cahyono mengatakan pemeriksaan dalam dua tahap meliputi fisik dan air liur bayi. Semula dokter tak menemukan tanda kelainan fisik maupun kesehatan bayi. "Hasil analisis (Rafael) aktif dan sehat," kata Haryudi.

Tapi, berdasarkan pemeriksaan laboratorium atas liur Rafael, ditemukan kandungan kadar kalsium tubuh tinggi. Kalsium ini menjadi pemicu cairan tubuh mengeras. Meskipun begitu, hasil laboratorium ini belum memuaskan. Dokter masih menyelidiki penyebab air liur tersebut mengeras dan menjadi kristal. "Masih diteliti bagaimana air liur mengeras berbentuk bola kristal," katanya.

Ahli biologi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Brawijaya telah meneliti gerak motorik dan pertumbuhan Rafael. "Ia anak cerdas, fungsi motoriknya bagus, sehat, dan normal," kata Ketua Jurusan Biologi, Widodo.

Sampai pekan lalu, Rafael sudah mengeluarkan 102 butir kristal bulat seukuran kelereng. Air liur Rafael berubah menjadi kristal terjadi sejak 14 Febuari 2012.

"Kaget air liur langsung mengeras seperti kristal," kata Leni, ibu Rafael.


No comments:

Post a Comment